BlackBerry Sering Restart Sendiri? Ini Cara Atasinya

Tips Smartphone - Apa Penyebab dari BlackBerry Restart Sendiri? Blackberry yang restart sendiri disebabkan oleh beerapa faktor. Banyak kondisi dimana blackberry device melaksanakan restart sendiri. Bisa jadi karena memory yang minim, atau mampu juga blackberry restart terus berulang-ulang, ini biasanya dinamakan Nuked Blackberry. Untuk mengatasi restart blackberry pun akan berbeda penanganannya.

Blackberry restart terus misalnya, berarti penanganan Nuked ini disebabkan juga oleh beberapa faktor, ada baiknya kita mengetahui penyebab mengapa blackberry melaksanakan restart sendiri?  Berikut beberapa faktor dan cara mengatasi blackberry yang restart sendiri :

Cara Memperbaiki Blackberry Restart Sendiri

Cara Memperbaiki Blackberry Restart Sendiri


1. Kapasitas Memory Rendah
Ini biasanya dinamakan Memory Low. Nah kalau BB anda mengalami restart sendiri tanggapan setelah install aplikasi, mungkin ini salah satu penyebab yang mungkin anda alami. Solusinya hapus beberapa aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting buat anda supaya memori yang kosong lebih banyak.

Walaupun Blackberry restart sendiri bukan tanggapan install aplikasi, mampu jadi karena kondisi menyerupai ini. Nah kalau anda mengalami bukan tanggapan install aplikasi, cobalah dahulu untuk menghapus cache atau memory histiry di beberapa aplikasi menyerupai pesan, history chat BBM, atau cache dari aplikasi browser.


2. BlackBerry Applications Conflict/Corrupt
Blackberry tiba-tiba restart terus menerus juga mampu terjadi juga disebabkan oleh  aplikasi yang menimbulkan error dalam system BlackBerry sehingga kinerja sistem menjadi tidak stabil. Bila error terjadi tanggapan seusai  instal aplikasi, mending hapus saja aplikasi tersebut. Caranya, buka pada options >> applications dan pilih  aplikasi terakhir instal lalu hapus.


3. Sistem Operasi BlackBerry Tidak Stabil
Mungkin kurang lebih menyerupai poin 2 tetapi ini bukan tanggapan aplikasi melainkan oleh hal lain sepeerti malware, maka perlu install ulang OS Blackberry dari RIM. 


4. Restart Terus dan Tidak Bisa Masuk ke Homescreen
Bila BlackBerry restart terus menerus dan anda tidak mampu masuk ke homescreen, atau terjadi mati total, maka inilah yang dinamakan Nuked.  Nuked merupakan kondisi dimana ponsel Blackberry melaksanakan proses Rebooting secara terus- menerus. Gejala yang terjadi ialah lampu LED menyala dengan warna merah, lalu muncul tampilan warna putih dilayar untuk beberapa saat, kemudian ponsel melaksanakan proses Reboot. hal itu berlangsung terus menerus.

Cara memperbaiki Blackberry Nuked Restart Terus Menerus

 Lalu bagaimana Cara mengatasi problem Blackberry nuked ini kalau tidak mampu dikoneksikan dengan komputer? Berikut langkah yang harus dilakukan:

1. Siapkan beberapa alat dan aplikasi, diantaranya:
  •     Komputer dengan OS Windows
  •     Blackberry Desktop Manager dan install sekalian di komputer tersebut
  •     File OS Blackberry dengan versi yang sesuai

Desktop manager dan OS Blackberry mampu download di blackberry.com

2. Setelah Desktop Manager terinstall, buka aplikasi Loader didalamnya.
3. Setelah Loader Wizard terbuka, hubungkan Blackberry ke PC dengan USB kabel data. Caranya dengan mencabut baterai lalu sambungkan Blackberry tanpa baterai. Setelah itu PC berhasil mendeteksi USB-PIN-Unknown lalu segera klik tombol Next sebelum hilang.

4. Setelah Blackberry terkoneksi,  maka otomatis Blackberry akan kembali hidup. Pilih aplikasi yang akan diinstall dengan cara mencentang di sbelah kiri. Selanjutnya klik Next lalu klik Finish.
5. Tunggu beberapa ketika hingga muncul jendela  'The loading operation was successfull'. Setelah itu Blackberry secara otomatis akan rebooting.
6. Cabut kabel USB, dan Blackberry sudah terinstall OS Blackberry baru.

Jika Blackberry macet ketika loading, anda mampu membaca Cara Mengatasi Blackberry Loading Terus

Demikian mengatasi Blackberry yang restart terus, semoga mampu membantu mengatasi permasalahan ponsel anda. Jangan lupa untuk selalu membagikan info yang memiliki kegunaan bagi oranglain. Salam