Cara Membuka Charger Laptop dan Memperbaikinya

charger tidak masuk atau tidak mampu dipakai? Hal ini tentu membuat kita resah apakah memang adaptornya yang rusak atau alasannya yaitu duduk perkara lain? untuk memastikannya perlu ktia membukanya. Nah saat kita ingin membuka charger tentu resah alasannya yaitu pada adaptornya tidak terdapat baut atau sekrup tetapi menggunakan lem. Bagaimana cara membuka charger laptop yang mati?

Charger laptop mati kadang diakibatkan beberapa hal. Bisa alasannya yaitu ada kabel charger yang putus didalamanya sehingga fatwa listrik tidak masuk yang mengakibatkan ngecas tidak masuk, mampu juga ada komponen yang kendor akhir terjatuh, dll. Jika ingin mengganti charger laptop gres tentu harganya lumayan mahal. Untuk itu ada baiknya kita coba memperbaiki charger laptop siapa tahu hanya kabelnya saja yang kendor.

Saya pernah punya pengalaman charger laptop dijadikan rumah semut sehingga fatwa listrik tidak masuk. Lalu saya resah bagaimana membuka charger laptop? Nah menurut pengalaman, berikut saya coba membagi cara membuka charger laptop.

Cara Bongkar Charger Laptop


 Untuk membongkar atau membuka charger laptop perlu mempersiapkan beberapa alat, diantaranya :
1. Obeng untuk mencungkil casing charger
2. Minyak kayu putih
3. Lem plastik

Tentu anda resah kenapa minyak kayu putih. Fungsi dari minyak kayu putih disini yaitu untuk membuka rekatan lem dari charger tersebut. Berikut langkah-langkah membuka charger laptop :

1. Tuangkan Minyak kayu Ptuih pada sela-sela sambungan charger. Tuangkan secara merata di semua keliling sambungan
2. Tunggu sekitar 15 - 20 menit biar minyak kayu putih bekerja melunturkan rekatan lem
3. Congkel casing charger dengan menggunakan obeng. Bila lem masih keras, mampu didiamkan kembali dahulu biar minyak kayu putih benar-benar melepas rekatan lem.
4. Setelah dicongkel semua, buka casing dan lihat didalamnya.

Waktu pengalaman saya, didalamnya terdapat semut banyak didalamnya yang mengakibatkan fatwa listrik terhambat. Setelah itu saya bersihkan dan ternyata tetap tidak menyala. Bagaimana memperbaikinya? nah selanjutnya cobalah cara di bawah ini

Cara Memperbaiki Charger Laptop

Cara Memperbaiki Charger Laptop

Nah ini tahap memperbaiki, sipakan alat lainnya menyerupai multi tester.

5. Untuk memperbaikinya kita perlu mengetahui letak kerusakannya. Untuk itu perlu ktia mengecek satu persatu, diantaranya :
  • Cek semua elco - elco dan perhatikan ada yang menggembung atau bocor. Jika ada, ganti dengan ukuran yang sama.
  • Periksa NTC dengan multitester putus atau tidak.
  • Periksa Fuse apakah putus,jika putus diganti baru.
  • Periksa dioda bridge dari jalur input AC
  • Lepaslah Mosfet yang menempel diheatsink, ukur menggunakan multitester. biasanya Mosfet ini yang sering rusak. maka gantilah dengan yang baru. mampu diganti dengan seri IRF830 atau sejenisnya.
  • Periksa dioda schotky di area sekunder bentuknya menyerupai transistor berkaki 3 dioda ini biasanya seri MBR20200CT bila dioda ini short ganti dengan yang gres atau sejenisnya.
  • Periksa komponen lainnya kalau belum mampu dihidupkan. Periksa juga IC PWM Biasanya memakai IC UC3843 biasanya pecah atau terbakar.
Nah, kalau sudah menemukan dimana letak masalahnya, anda mampu mengganti sendiri atau bila belum berpengalaman mampu ke tukang service elektronik yang anda percayakan. Demikian mengenai cara memperbaiki Chager laptop. Bagi beberapa orang mengganti komponen seperi elco mampu dilakukan sendiri kalau ada alat soldernya. Namun kadang untuk menerima elco yang sesuai dengan yang kita butuhkan yang agak susah. Biasanya kalau mengalami kerusakan charger laptop, alternative terbaik yaitu membeli charger gres dengan kualitas yang lebih rendah, kemudian dilakukan kanibal, artinya ambil part yang ktia butuhkan dan pasang ke charger lama kita. Mungkin beberapa merk dan tipe laptop memiliki harga charger yang mahal, dan kadang membuat kita menyayangkan kalau membeli charger gres kemudian bongkar dan ambil komponennya saja. Tetapi tindakan ini pilihan masing-masing. Mau charger kualitas buruk tetap dipakai atau dibongkar dan memperbaiki yang gres dengan mengambil komponennya saja, anda yang menentukan. Salam