Cara Mengatasi Bluetooth Error atau Rusak di Android

Tips Smartphone - Bagaimana Cara Memperbaiki Bluetooth HP Error? Bluetooth yaitu salah satu pililhan atau fitur yang paling populer dalam pentransferan data atau file pada hp maupun smartphone. Bluetooth memudahkan dalam memindakan file satu atau banyak ke dalam gadget lain dalam waktu yang singkat dan tanpa kabel. Itulah mengapa bluetooth sangat penting bagi setiap gadget baik handphone, tablet, atau sartphone. Lalu bagaimana jikalau Bluetooth di hp rusak? Apakah perlu penggantian komponen? Nah tidak perlu panik. Kali ini kita akan membahas mengenai hal inid an bagaimana cara memperbaikinya.

Untuk memperbaiki bluetooth yang tidak menyala perlu dianalisa penyebab sebelumnya. Bluetooth yang rusak mampu diperbaiki asal tidak terkena benturan secara fisik. Namun bila rusak secara fisik misalnya ponsel terjatuh atau terbentur, mungkin mampu merusak perangkat bluetooth, tetapi bila tidak kemungkinan besar masih mampu diperbaiki jikalau sistemnya sudah kembali normal. Untuk itu penting untuk kita tahu dan menganalisa penyebab terjadinya duduk perkara ini biar ketika kita melaksanakan perbaikan tidak harus merembet ke komponen lain yang bergotong-royong tidak rusak.

Bluetooth tidak mau aktif disebabkan banyak faktor. Jika tidak ada benturan benda keras atau terjatuh, kemungkinan besar secara hardware masih aman, dan dapat diperbaiki tanpa harus membeli komponen atau spare part untuk ponsel anda. Untuk mengatasi bluetooth error mampu lihat langkah-langkah di bawah ini :

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Menyala di Android

Cara Mengatasi Bluetooth Error di Android


Ada beberapa cara untuk memperbaiki Bluetooth yang tidak mau menyala, bluetooth gagal mengirim file, atau bluetooth tidak mau mendapatkan file, berikut cara-cara yang mampu dilakukan :

  • Cara pertama, jikalau bluetooth kau mengalami duduk perkara ketika mengirim file, selalu gagal mengirim file, atau tidak dapat mendapatkan file, meskipun kondisi bluetooth menyala atau tanda bluetooth sudah aktif, ada baiknya coba matikan smartphone kau dan lepas baterai. Tunggu beberapa ketika dan pasang kembali lalu nyalakan.Bila masih belum menyala mampu lakukan cara berikutnya
  • Cara kedua, buka menu dan lanjut ke pengaturan, kemudian Pilih Apps lalu All. Setelah itu pilih Bluetooth Share kemudian tekan Clear Data / Clear Cache. Jika masih belum, ingat-ingat sebelum bluetooth mati dan sebelumnya menginstall aplikasi, maka lebih baik hapus aplikasi tersebut karena mampu jadi mengganggu kinerja bluetooth.
  • Cara Ketiga, jikalau kedua cara diatas tidak berhasil, kemungkinan besar ada duduk perkara pada system. Yang harus dilakukan yaitu factory reset untuk mengembalikan semua setelan ke setelan pabrik atau menyerupai pertama kali membeli. Namun jangan lupa melaksanakan backup data dahulu karena setelah melaksanakan reset factory maka dalam yang tersimpan dalam memori telepon akan hilang. Siapa tahu ada data, foto, video dan file lain yang menurut anda penting. Untuk cara melaksanakan reset factory, masing-masing merk dan tipe ponsel memiliki cara factory reset sendiri-sendiri. Anda mampu googlingc aranya yang sesuai dengan merk dan tipesmartphoen atau tablet anda.

Bila ketiga cara diatas memang tidak berhasil berarti hardware yang bermasalah, alias IC Bluetooth minta diganti. Jika berniat mengganti, ada baiknya penggantian dilakukan oleh ahlinya atau tukang service biar lebih cepat dan tepat.

Jika anda mengalami error lainnya menyerupai Wi-Fi, anda mampu mengikuti langkah dalam : cara mengatasi Wi-Fi hp android rusak

Demikian mengenai cara mengatasi bluetooth yang tidak hidup atau tidak mau menyala, Semoga bermanfaat untuk anda.